Kota Manado merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sulawesi. Ibu kota provinsi Sulawesi Utara ini menjadi salah satu tempat wisata dengan pemandangan bawah laut yang mengagumkan di Indonesia. Uniknya pemandangan yang menakjubkan ditempat ini kian sempurna dengan lanskap gunung yang besar.

Taman laut bunaken merupakan tempat paling populer di Manado. Taman laut bunaken dapat ditempuh selama 30 menit dengan menggunakan kapal cepat.

Keindahan taman laut bunaken sudah tentu tidak perlu diragukan lagi. Selain itu ada pula Taman Nasional Tangkoko. Di kawasan seluas 8.718 hektar ini Anda dapat menemukan monyet terkecil di dunia yaitu tangkasi atau tarsius (Tarsius spectrum) yang merupakan hewan khas Sulawesi.

Berjalan di sekitar kota Manado, Anda akan menemukan gereja-gereja hampir di setiap sudut kota. Patung Yesus terbesar di Asia terletak di kawasan perumahan Citraland dan dapat dilihat dari sebagian besar kota Manado. Patung Yesus ini juga merupakan yang terbesar kedua di dunia setelah yang di Rio de Janeiro di Brasil.

Manado juga menjadi surga bagi pecinta kuliner. Tempat makan favorit terletak di sepanjang jalan utama Piere Tendean, atau di Tino.

Makanan ditempat ini masih segar karena langsung didatangkan dari laut atau gunung. Ikan panggang dengan saus khusus adalah menu favorit, ditemani sayur kangkung yang segar dan renyah. Salah satu hidangan favorit adalah Bubur Manado, atau Tinu'tuan.

Kemegahan alam Manado telah dikelola dengan sangat baik setidaknya dalam dua dekade terakhir. Pesona alam yang menakjubkan juga telah menjadi latar belakang menarik untuk berbagai konvensi, event dan pertemuan berskala internasional. Perlahan namun pasti kini Manado menjadi salah satu tujuan MICE terkemuka di Indonesia.

MICE adalah singkatan dari "Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions". Ini adalah industri pariwisata yang berkaitan dengan penyelenggaraan acara-acara bisnis dan profesional seperti konferensi, pertemuan, acara pameran, dan seminar.

Tujuan utama dari MICE adalah untuk memfasilitasi pertukaran informasi antara para peserta acara dan mempromosikan tujuan bisnis atau tujuan organisasi lainnya.

Industri MICE biasanya melibatkan banyak pemangku kepentingan, termasuk penyelenggara acara, pemasok, hotel, restoran, perusahaan transportasi, dan penyedia teknologi.

Pada tahun 2008, Manado menjadi tuan rumah World Ocean Conference, sebuah acara internasional bergengsi yang menjadikan Manado tidak hanya sebagai tujuan menyelam kelas dunia tetapi juga sebagai pusat penelitian ilmu kelautan. Tidak hanya itu pada 2012, kota ini juga menjadi tempat diadakanya konvensi internasional ASEAN Tourism Forum (ATF).

Manado Convention Center menjadi tempat konveksi utama di kota ini. Tempat ini menawarkan berbagai pilihan ruangan khusus dan sangat ideal untuk konvensi perusahaan dan pameran. Berbagai hotel berbintang di Manado juga dilengkapi dengan fasilitas rapat dan konvensi.

Jika anda menyiapkan cukup panjang, anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di sekitar Manado yang menakjubkan. Anda bisa berkunjung ke Air Terjun Kima Atas, Pantai Malalayang, Pulau Siladen, Manado Tua (pulau terbesar dari pulau-pulau di batasan teluk Manado, Tumbak (Surga Wisata Tersembunyi di Minahasa Tenggara), Pulau Lihaga (Pulau kecil tak berpenghuni yang berpasir putih yang sangat halus).

Akses ke kota Manado juga sangat mudah. SilkAir adalah maskapai penerbangan internasional pertama yang terbang langsung dari Singapura ke Bandara internasional Sam Ratulangi Manado. Selain itu penerbangan domistik setiap hari terbang ke Manado dari kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Papua dan Balikpapan.

Objek Wisata Paling Populer di Manado

  1. Taman Laut Bunaken - Taman laut yang terkenal di dunia ini memiliki keanekaragaman hayati laut yang sangat tinggi dan menarik bagi para penyelam.

  2. Danau Tondano - Danau terbesar di Sulawesi Utara yang menawarkan keindahan pemandangan alam yang mempesona.

  3. Gunung Lokon - Gunung berapi yang masih aktif dan menjadi tujuan pendakian bagi para pecinta alam.

  4. Pantai Malalayang - Pantai yang indah dan bersih dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang halus.

  5. Klenteng Ban Hian Kong - Klenteng tertua di Manado yang memiliki arsitektur yang unik dan menjadi tempat ibadah bagi umat Konghucu.

  6. Merciful Building - Gedung bergaya arsitektur klasik yang menjadi tempat wisata edukasi bagi anak-anak.

  7. Museum Negeri Propinsi Sulawesi Utara - Museum yang menyimpan koleksi benda-benda sejarah dan kebudayaan Sulawesi Utara.

  8. Pura Girinatha - Pura yang merupakan tempat ibadah umat Hindu dan menjadi ikon keberagaman budaya di Manado.

  9. Pasar Bersehati - Pasar tradisional yang menjual berbagai macam produk lokal dan menjadi tempat wisata belanja bagi para wisatawan.

  10. Pulau Siladen - Pulau kecil yang indah dan tenang dengan pantai yang bersih dan pasir putih yang halus, cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati keindahan alam.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama