Tips Menjadi Travel Konsultan & Tour Leader Sukses

 

 Setelah 2 tahun lebih dilanda pandemi, perlahan sektor wisata Indonesia mulai bergeliat lagi. Profesi tour leader dan travel konsultan mungkin mulai menarik dilirik. So, berikut kami ulas sedikit Tips Menjadi Travel Konsultan & Tour Leader Sukses.


Travel konsultan (Travel Consultant) merupakan profesi yang bisa jadi belum terlalu familiar ditelinga sebagian orang. Namun perusahaan tour and travel umumnya selalu memiliki travel konsultan.

Jika Anda ingin memulai bisnis travel agent maka travel konsultan adalah salah satu posisi yang harus Anda siapkan. Anda bisa melatih diri sendiri atau merekrut professional berpengalaman.

Tugas utamanya adalah mengatur rencana perjalanan klien. Sesuai namanya tugas pokok seorang travel konsultan adalah membantu klien dalam menyusun rencana perjalanan, memberikan saran soal budget, destinasi wisata, rute perjalanan, akomodasi dan transportasi yang bisa mereka gunakan.

Travel konsultan juga bertugas memberikan berbagai informasi tentang paket perjalanan / paket wisata atau sering juga disebut paket tour yang disediakan tour and travel tempat mereka bekerja.

Kelebihan dan kurangan dari masing-masing produk perjalanan yang ditawarkan juga harus diinformasi secara jujur dengan klien.

Selain itu konsultan perjalanan juga harus mengkonfirmasi pemesanan klien, memberitahukan klien batas bagasi dan asuransi perjalanan, dokumen perjalanan seperti surat kesehatan, kartu identitas, paspor dan visa.

Akan lebih baik lagi jika konsultan perjalanan juga mampu berbagi informasi detail seputar destinasi tujuan seperti keunikan kearifan lokal, budaya dan adat istiadat setempat.

Seorang travel konsultan juga dintuntut untuk dapat memahami berbagai tipe/jenis perjalanan, seperti perjalanan bisnis, bulan madu, adventure, wisata religi, study tour dan lain-lain.

Hal ini sangat penting, bergantung banyaknya tipe perjalanan yang ditawarkan oleh masing-masing biro perjalanan.

Persyaratan Menjadi Seorang Travel Konsultan

Seorang tour konsultan sebaiknya memiliki passion dibidang traveling, kemampuan komunikasi yang baik, keterampilan organisasi yang baik, menguasai komputer dasar, mampu bekerja sebagai bagian dari tim, memiliki kemampuan presentasi pribadi yang bagus dan mampu bekerja di bawah tekanan.

Menurut survei, 85% dari kesuksesan dalam hidup berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan membina hubungan.

Seorang travel konsultan harus memiliki kemamapuan ini, apalagi jika bekerja di biro perjalanan wisata.

Selain memiliki kemapuan yang luas, keramah-tamahan, dan kesabaran dalam melayani klien juga menjadi kunci utama karir seorang tour konsultan.

Profesi travel konsultan memberikan peluang yang sangat besar bagi Anda yang suka traveling. Tidak jarang klien yang sudah puas dengan pelayanan Anda, akan selalu meminta Anda untuk melayani berbagai trip dan destinasi yang mereka inginkan.

Bagi wisatwan yang ingin melakukan perjalanan domistik, Anda dapat menghubungi travel konsultan lokal. Biasanya mereka akan lebih memahami berbagai seluk-belum destinasi terbaik yang bisa Anda nikmati.

Untuk tujuan lokal seperti paket liburan Bangka Belitung, ada dapat menghubungi travel konsultan dari Bangka Tour and Travel.

Untuk perjalanan bisnis group atau perusahaan seperti meeting, gathering, atau company outing Anda dapat menghubungi Mitra Wisata Group.

Menjadi Tour Leader Professional

 

 
Tertarik menjadi seorang tour leader ?. Profesi yang satu ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan biro perjalanan atau perusahaan yang bergerak dibidang jasa perjalanan wisata.

Berbeda halnya dengan seorang Travel Konsultan yang lebih banyak bekerja dibalik layar (di kantor), tour leader terlibat secara total dilapangan.

Tour leaders atau sering disingkat (TL) adalah orang yang ditugaskan oleh biro perjalanan untuk memimpin dan mengikuti seluruh rangkaian tour mulai dari awal sampai akhir.

Jika berwisata keluar negeri, TL inilah yang menemani klien mulai dari keberangkatan dari bandara asal (bahkan terkadang mulai dari lokasi penjemputan), sampai kegiatan tour berakhir.

Untungnya selain bisa jalan-jalan / liburan gratis kemana-mana, seorang tour leader juga akan mendapatkan uang saku serta honor yang besarannya beragam pada setiap perjalanan yang dilakukan. Asik bukan?!.
 
TL bertanggungjawab untuk membimbing dan memimpin grup/rombongan dari awal hingga akhir perjalanan. Tidak hanya terbatas dalam kota-kota tertentu saja.

Ia juga yang mengatur agar tour berjalan dengan lancar, mulai dari morning call, ontime schedule dengan menyesuaikan kondisi yang ada pada saat tour berlangsung dengan itinerary telah direncanakan, sampai tiba di hotel setelah tour pada malam harinya.

Tugas TL termasuk memastikan bahwa peserta tour dalam keadaan baik dan sehat. Tour leader harus tahu pasti bahwa rombongan yang dipimpinnya lengkap (tidak ada yang tertinggal).

Sekilas profesi ini mirip dengan peran tour guide (pemandu wisata). Namun kedua profesi ini sebetulnya memiliki perbedaan.

Tour guide atau pramuwisata adalah seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang obyek wisata pada suatu destinasi tertentu serta membantu keperluan wisatawan lainnya.

Seorang tour guide biasanya dituntut untuk lebih mengenal tentang berbagaai detail, sejarah, keunikan, kearifan lokal dari suatu destinasi.

Jadi kalau tour leader bertangung jawab memimpin rombongan turis perihal rute selama perjalanan, mulai berangkat sampai kembali lagi ke negera / kota asal. Sementara, tour guide hanya bertanggung jawab menjelaskan tempat–tempat yang dikunjungi.

Namun tidak jarang tour leader juga merangkap sebagai tour guide. Karena seorang TL juga dituntut untuk bisa membawa suasana rombongan menjadi menyenangkan

Lalu bagaimana menjadi tour leader sukses ?

Tour leader (seorang pemimpin rombongan) lebih banyak berperan sebagai ‘leader’ anggota rombongan yang juga menyertai dan melayani kepentingan para anggota rombongan selama perjalanan. TL harus memiliki kemampuan manajerial dan komunikasi yang sangat baik.

Nah, seorang TL setidaknya memerlukan hal-hal berikut ; kemampuan berkomunikasi yang baik, penampilan yang menarik (bersih, rapi), kreatif, jujur dan sopan, memiliki pengetahuan yang luas, ramah, humoris, cekatan.

Profesi ini memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan bisnis tour and travel. TL adalah corong utama bagi perusahaan yang akan menjaga kualitas layanan, kepuasan dan hubungan jangka panjang dengan klien.

Related Posts

Posting Komentar

Catering Diet Online