Bisnis voucher hotel tentu sudah tak asing lagi ditelinga para traveler. Voucher Hotel juga telah menjadi salah satu lini produk dalam bisnis travel. Voucher hotel adalah kupon prabayar yang dapat ditukarkan ketika akan menginap di hotel tertentu.
Sama seperti membeli tiket pesawat, biaya menginap di hotel juga dapat dihemat dengan cara melakukan booking/reservasi dari jauh hari.Voucher hotel bisa dijadikan salah satu layanan dalam bisnis tour and travel Anda.

Untuk bisa melayani jasa ini, Anda dapat menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan yang memang secara khusus melayani booking hotel.

Keuntungannya, anda tak perlu repot-repot mendatangi satu persatu hotel untuk meminta kontrak kerjasama.

Karena jika target layanan anda cukup luas, bisa dibayangkan berapa lama waktu, tenaga, SDM, Dana yang dibutuhkan untuk menjalin kerjasama dengan hotel disuluruh kota di Indonesia.


Bagi travel lokal, saya sarankan Anda untuk menjalin kemitraan secara langsung dengan pihak management hotel.

Sampai disini, ternyata masih cukup banyak yang ragu dan bertanya. "Bagaimana cara menjalin kerjasama dengan hotel?".

"Apakah hotel mau kerjasama dengan travel saya?." "Bisnis travel saya kan masih baru, apakah hotel akan mempercayai saya?" dan lain-lain.

Tidak usah ragu!.

Hotel-hotel akan dengan senang hati menjalin kerjasama dengan Anda. Jika usaha/bisnis travel Anda memiliki ijin, alamat dan kontak atau penanggungjawab yang jelas mereka akan dengan senang hati memberikan kontrak rate dengan travel Anda.

Kalaupun ada hotel yang menolak menjalin kerjasama dengan Anda, biarkan saja. Suatu saat jika bisnis travel anda telah sukses, kliend anda telah banyak, merekalah yang akan mendatangi Anda dan menawarkan kerjasama.

Yakinlah!. Menurut pengalaman saya, jarang sekali, bahkan belum pernah ada managemen hotel yang menolak kerjasama.

Kerjasama dengan hotel sangat penting. Karena akomodasi hotel menjadi salah satu elemen yang hampir tak terpisahkan dalam program paket wisata / paket tour. Untuk menghitung harga komponen dalam paket wisata, anda membutuhkan harga hotel.

Nah dengan kontrak rate yang bagus anda akan mudah membuat program paket liburan yang kompetitif.

Selain itu, kontrak rate yang bagus dengan hotel akan membuka peluang yang lebih baik untuk membuka bisnis voucher hotel. Anda dapat menawarkan voucher hotel langsung pada customer yang membutuhkan. Atau anda juga bisa menawarkan-nya pada travel agent yang lain.

Biasanya semakin bagus penjualan voucher hotel yang anda lakukan, semakin bagus kontrak kerjasama anda dengan pihak management hotel.

Setidaknya ini akan menjadi nilai tawar lebih jika anda ingin melakukan negosiasi kerjasama dengan hotel. Selain itu anda juga bisa mendapatkan harga yang sangat bagus jika anda mendapatkan pemesanan / melakukan booking room dalam jumlah besar.

Bagaimana sih bentuk voucher hotel ?.

Yah, silahkan browsing / googling saja. Banyak kok contohnya. Silahkan ATM (amati-tiru-modifikasi) saja.

So, jika bisa menjalin kerjasama langsung dengan hotel, ngapain harus menggunakan pihak lain untuk bisnis voucher hotel Anda. Ini akan menjadi nilai tambah yang cukup besar bagi bisnis tour travel Anda.

3 Komentar

  1. Bisnis ini sangat menjanjikan ternyata ^^b

    BalasHapus
  2. Terima Kasih banyak untuk informasi yang bagus sekali. Saya baru membuka usaha saya di bidang travel. Dan saya masih membutuhkan banyak sekali informasi semacam ini. sukses untuk anda juga ya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama