Di usia muda, banyak yang menginginkan hal yang sifatnya menyenangkan dan menantang. Banyak yang berfikir bahwa ketika masih muda, waktu bisa dihabiskan untuk senang-senang saja karena nanti saat benar-benar dewasa kesempatan itu tidak akan datang lagi.

Anggapan itu sah-sah saja. Namun di usia yang masih muda, ssaya lebih setuju bila kita justru memanfaatkannya untuk mulai mencari Tips Memulai Investasi Bagi Anak Muda. Mengapa?
Baca Juga : Kenapa anak muda harus melek financial ?

Karena di usia seperti inilah segala potensi dan kemampuan kita harus mulai diasah. Jangan membayangkan bahwa saat dewasa kita akan bersusah payah dan jauh dari kata senang. Justru ketika dewasa dan beranjak tua, kita harusnya sudah bisa menikmati hasil perjuangan yang kita lakukan dimasa muda.

Menjadi anak muda berarti kita memiliki energi yang masih menggebu-gebu dan bisa sangat produktif dalam memproduksi ide atau gagasan-gasan inovatif, termasuk dalam bidang bisnis dan investasi.
Baca : Sukses Financial Selagi masih muda

Bersenang-senang mencari teman dekat tentu sah-sah saja dilakukan anak muda. Namun alangkah baiknya jika energi yang kita punya kita fokuskan pada hal yang bisa lebih membangun untuk masa depan kita sendiri nantinya.

Hal ini jika dilakukan dengan konsisten, maka kita akan merasakan senyum kemenangan ketika kesuksesan bisa diraih karena ia datang dari hasil kerja keras sendiri.

Jangan takut kepalamu akan botak memikirkan investasi. Karena investasi sejatinya tidak identik dengan orang tua. Justru semakin muda kita memulainya, semakin hebat potensi yang mungkin akan diraih pada waktunya nanti.

Nah, kali ini saya akan berbagi Tips Memulai Investasi Bagi Anak Muda yang bisa coba kamu aplikasikan. Dijamin tak akan bikin mumet apalagi sampai botak.

Gali informasi sebanyak-banyaknya
Ya, sebelum pergi ke medan perang tentunya kita harus menyiapkan ragam amunisi yang lengkap. Hal ini akan membantu kita agar nantinya kita tidak tersesat atau salah langkah. Mengenai investasi, kita bisa membaca banyak referensi mengenai jenis dan mekanisme investasi yang tepat.

Ilmu bisa didapatkan dimana saja dan tidak melulu harus di bangku kuliah. Banyak buku-buku, blog dan jurnal yang bisa kita baca secara online sehingga memudahkan langkah kita untuk menggali informasi dimanapun kita berada.

Hal lainnya yang bisa kita lakukan untuk menambah amunisi sebelum berinvestasi adalah dengan banyak bergaul dan berinteraksi dengan para peminat ataupun pelaku bisnis. Saat ini, banyak para eksekutif muda yang sukses karena dimulai dari investasi kecil-kecilan.

Jika kita memiliki teman atau sahabat yang juga sudah memulai untuk menanam investasi maka jangan ragu untuk bertanya dan meminta pendapatnya. Orang-orang yang ingin maju dan sukses biasanya tidak akan pelit dalam sharing ilmu.

Ketahui jenis investasi yang sesuai
Setelah menggali dan mengetahui tentang ragam investasi pasti ada beberapa bentuk investasi yang menarik minatmu. Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan minat serta kemampuanmu secara finansial.

Sebagai rekomendasi, ada berbagai jenis investasi yang cocok untuk anak muda yaitu investasi di reksa dana, bursa saham, investasi emas. Saat ini jenis-jenis investasi tersebut banyak diminati anak muda karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar seperti ketika harus membuka toko atau berdagang.

Selain itu, menanam investasi seperti itu bisa menjadi ajang belajar bagi anak muda karena tidak perlu takut rugi. Justru, hal tersebut akan bisa membangkitkan adrenalin bisnis yang sedang menggebu-gebunya pada anak muda.

Misalnya dengan belajar menanam saham di bursa saham maka anak muda bisa belajar mekanisme yang dijalankan. Sehingga punya bekal untuk investasi jangka panjang dan dalam bentuk yang lebih besar tentunya.

Konsisten dan tidak gampang kapok
Tips Memulai Investasi Bagi Anak Muda lainnya yaitu kita jangan menjadi pribadi yang terlalu berorientasi hanya pada nominal uang. Kita bisa menganggap proses ini sebagai proses belajar. Tidak ada yang sukses hanya dalam sekali langkah.

Banyak langkah yang harus dilalui sebelum mereguk kesuksesan terlebih diusia muda. Jadi untuk bisa berinvestasi, kita bisa memulainya dari investasi yang bermodalkan sedikit dan jangka waktunya pendek. Kemudian, kita konsisten untuk mengembangkannya seiring waktu.

Berinvestasi diusia muda bukan berarti jalannya akan mulus-mulus saja. Tentu banyak hal yang bisa menjadi penyebab kegagalan kita dalam berinvestasi. Menurut penelitian, terjadi peningkatan yang signifikan dari para anak muda yang bersemangat melakukan investasi. Namun tidak sedikit juga yang mengalami kegagalan karena beberapa hal berikut ini:

Kurang aktif
Kurang aktif disini artinya anak muda yang berinvestasi, mereka kebanyakan hanya membiarkan investasinya begitu saja tanpa ada keinginan untuk mengembangkannya menjadi investasi yang jauh lebih berkembang dan bernilai harganya. Sehingga tidak ada kemajuan sama sekali pada investasi yang mereka tanam.

Ketidakpahaman
Menanam investasi memang gampang. Namun memahami mekanisme yang dijalankan tentu hal yang lain lagi. Banyak dari investor muda yang tidak paham dengan bagaimana investasi mereka berjalan. Sehingga malah kegagalan yang menjadi hasilnya.

Tidak sabar
Menjadi investor muda memang tantangan karena harus bisa mengendalikan semangat yang terlampau menggebu. Inilah kesalahan yang banyak terjadi pada investor muda. Mereka cenderung tidak sabaran dan ingin cepat-cepat mencairkan uang investasi padahal jika ingin lebih bersabar dan membuat investasi jangka panjang, maka hasilnya akan bernilai.

Jadi, sebagai Tips Memulai Investasi Bagi Anak Muda, kita bisa mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan. Juga, kita harus mengetahui dengan seksama apa saja yang perlu diperhatikan sebelum-selama- dan setelah investasi dijalankan.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah tidak melakukan kesalahan yang banyak dilakukan oleh investor muda lainnya. Sebaliknya, kita ambil pelajaran dari kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan agar menjadi investor muda yang lebih kompeten dan bisa menggapai kesuksesan.

image by : Kompas.com

4 Komentar

  1. Jadi tambah semnagat buat belajar bisnis online . Informasi yang diberika komunikatif banget .

    BalasHapus
  2. Artikel yang menarik dan informatif... terima kasih, gan..

    BalasHapus
  3. salah satu hal yang paling penting adalah investasi ilmu :D

    BalasHapus
  4. kesalahan anak muda juga, emosinya masih terlalu tinggi jadi suka menganggap cara berpikirnya yang paling benar

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama