Seperti halnya bisnis online (online shop) lainnya, bisnis travel online juga membutuhkan strategi marketing yang hampir sama. Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis travel online tentu saja membuat sebuah website travel. Kenapa harus membuat website?.

Untuk pertanyaan ini anda bisa menemukan banyak artikel dari para pakar bisnis online. Jika bisnis travel Anda sudah memiliki website, selamat!.

Tapi jangan senang dulu. Sebab memiliki website hanyalah langkah awal. Masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk membuat bisnis travel online kita sukses. 

Sebagai sebuah toko, website kita tidak ada artinya jika tidak ada yang datang berkunjung. Karena tidak ada pengunjung berarti tidak ada pembeli. Tanpa adanya transaksi dan pembeli bisnis akan cepat mati.

Lalu, bagaimana membuat website travel kita ramai dikunjungi?

Seperti halnya toko ofline, binis online juga memebutuhkan promosi. Nah, Promosi membutuhkan strategi. Banyak strategi promosi online yang bisa kita temukan dengan berselancar di internet.

Kita hanya perlu memilah-milih mana program dan trik promosi yang sesuai dengan bisnis dan buged yang kita miliki.

Banyak strategi promosi yang saya lakukan untuk bisnis tour and travel yang saya kelola. namun beberapa diantaranya tidak jauh berbeda dengan yang disarankan oleh para konsultan marketing online.

Membuat Konten Berkualitas

Konten adalah raja. Begitulah kata para pakar marketing online. Pendapat ini memang benar adanya. 

Sebaik apapun design dan struktur website yang kita miliki jika tidak didukung oleh konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung bisa dipastikan toko kita akan sepi dan mudah ditinggalkan pengunjung.

Jika tak punya waktu dan tidak ingin pusing untuk membuat konten berkualitas, kita bisa menggunakan jasa pihak ketiga. Jasa update website, jasa penulisan artikel bertebaran di internet.

Setelah website kita memiliki konten berkualitas, maka langkah promosi online selanjutnya akan lebih mudah. Berikut adalah bebrapa strategi promosi online yang biasanya saya terapkan untuk travel online saya;

1. Update website secara rutin dengan konten yang bermanfaat untuk pengunjung. Artikel bisa berupa tips atau informasi singkat yang diselipkan dengan materi promosi.
 
2. Melakukan optimasi SEO. Strategi SEO bisa kita lakukan seniri, atau jika punya budged kita bisa merekrut karyawan baru untuk melakukan pekerjaan ini. Bisa juga mempercayakan program ini pada pihak ketiga.
 
3. Iklan Online. Kita bisa beriklan di google, yahoo, dan website-website lain yang berhubungan dengan bisnis kita. Jika kesulitan kita bisa menggunakan jasa pihak lain.
 
4. Promosi rutin pada jaringan sosial media yang kita miliki mulai dari facebook, twitter, Gooogle plus dan masih banyak lagi.

Itulah strategi promosi bisnis travel online yang sering saya lakukan. Sebetulnya masih banyak yang lain dan mungkin akan lebih panjang lagi bila dijabarkan lebih rinci.

Seperti tips email marketing, dan lain-lain. Semoga bermanfaat. Jika anda punya pengalaman dan strategi lain mari berbagai pada kolom komentar dibawah ini.


24 Komentar

  1. maksud dr ''konten bermanfaat " di artikel diatas, bisa di perjelas?
    sya baru memulai usaha tour travel di bali, dan sya blum punya web
    mohon saran ny

    BalasHapus
  2. Hallo Ibu Anita
    Pertama-tama saya sarankan ibu untuk memiliki website. Konten yg bermanfaat maksudnya adalah kita membuat artikel tentang wisata, tips traveling, foto-foto,video, gambar yang bermanfaat untuk pengunjung situs/web travel yang kita miliki.Hal yg sama jga bisa dilakukan di berbagai jaringan sosial media yg kita punya.

    Sukses selalu untuk travel bu Anita.

    BalasHapus
  3. Saya sudah punya website lombokagoda.com
    Tinggal saya marketing saja sesuai yg tips yg di sarankan..trims

    BalasHapus
  4. Salam kenal saya pak As dari senaru lombok, saya membuka usaha agent trekking rinjani saya sdh punya we tapi belum ada pengunjungnya. Tolong di berikan sarannya

    BalasHapus
  5. Salam, website travel Bpk sudah cukup bagus. Saran saya praktekkan isi artikel diatas. Selain itu masih ada banyak tips lainnya. Bila Anda punya anggaran marketing rasanya masalah yang Anda tanyakan bisa diatasi dengan mudah. Bila tidak berarti anda harus mempelajari sendiri bagaimana menjalankan tip2 diatas ; membuat blog, menulis konten secara konsisten, dan seterusnya. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, membuat website untuk usaha travel memang sebuah langkah maju, tapi itu baru 'toko'. Tidak akan optimal bila tidak dipromosikan.

    BalasHapus
  6. salam kenal pak,kebetulan kita dari bangka juga,dan mau belajar tur travel

    BalasHapus
  7. Wah, salah kenal juga ya..Semoga sukses utk bisnis travel-nya.Amiin

    BalasHapus
  8. Aslkm mas hari,saya juga baru memulai bisnis tour,saya juga baru buat blog,tolong bisa dicontohkan cara buat paket yg benar,dan berapa persen minimal kita ambil keuntungan dr bisnis ini,mohon ilmunya mas hari, dan tolong mas hari lihat blog saya di http://napakattour.blogspot.co.id apa sudah memadai atau ada yg perlu direvisi atau ditambah,trimakasih ats waktunya mas hari,semoga allah membalas kebaikan mas hari

    BalasHapus
  9. Salam kenal mas Fijay
    Cara buat paketnya sudah pernah saya bahas diblog ini ya. Untuk blog tour mas Fijay mnurut saya udah lumayan bagus kok. Banyakin revrensi aja dan terus belajar mas. Saya juga masih terus belajar.msukses utk bisnis tour nya. Amiin

    BalasHapus
  10. Salam kenal mas Fijay
    Cara buat paketnya sudah pernah saya bahas diblog ini ya. Untuk blog tour mas Fijay mnurut saya udah lumayan bagus kok. Banyakin revrensi aja dan terus belajar mas. Saya juga masih terus belajar.msukses utk bisnis tour nya. Amiin

    BalasHapus
  11. Salam kenal juga mas hari, alhamdulillah kalau mas sudah melihat blog saya,dan terimaksih masukan dan ilmunya mas hari,semoga mas hari selalu sukses dengan bisnisnya.

    BalasHapus
  12. Salam kenal pak.
    Ini saya jimmy
    Saya uda lama bekerja sendiri sebagai private guide services di jakarta dan saya ingin membuat web agar orang lain bisa melihat programes saya
    Minta sarannya pak
    Thank you

    BalasHapus
  13. Bagus pak kalau mau buat blog. Apapun motivasinya selama positif akan banyak manfaatnya. Bisa materil juga kalau bisa manage dg baik. Utk awal pakai web blog gratisan juga bisa. Asal konsisten update kontennya.

    BalasHapus
  14. misbahul munirSabtu, Juni 04, 2016

    bagus untuk calon wiraushawan tour & travel dan menginspirasi

    BalasHapus
  15. Siang pak sya punya website travel..silahkan liat belitungstar dot com
    Mohon saran nya atas kekurangan dari website kami

    BalasHapus
  16. Mantab nih tips marketingnya! Bisnis Online memang trending jaman sekarang.. Selain modal kecil, pelaku bisnis pun dari yg muda sampai tua.. Untungnya pun besar..

    BalasHapus
  17. Salam kenal saya Ibu Wati dari Khansa Tour & Travel, nama web saya "mykhansatravel.com" , walau sudah memiliki web yang lengkap dan sudah saya iklankan di berbagai media sosial, tetap saja pelanggan lebih suka nelpon saya dan mengirimkan foto KTP nya untuk diisikan pada web saya. Mohon pengarahan agar orang tertarik membuka web saya dan pesan langsung ke web..

    BalasHapus
  18. Salam bu Wati. kalau saya sih nggak masalah bu pelanggan mau pesan lewat mana (web atau call) yg penting deal. :D). Tapi sudah mulai kebanjiran mungkin ibu bisa memeprtimbangkan untuk menggunakan telpon kantor dan mencari staf.

    Kalau untuk websitenya, mungkin ibu bisa menggunakan strategi promosi online selain social media, juga dengan SEO. Bisa juga dengan menyerahkan pekerjaan ini ke pihak ke tiga. Prinsipnya promosi memang tidak bisa sehari 2 hari bu harus terus menerus.

    BalasHapus
  19. Saya hanya punya web blogspot.com
    Klo web lain bayar soalnya

    BalasHapus
  20. Salam
    Ulaaan bapak sangat memberi motivasi

    Saya sedang merintis usaha travel dan saya juga sudah membuat sistem B2B bagaimana caranya agar saya bisa makin dikenal banyak orang pak

    BalasHapus
  21. halo salam kenal pak..
    boleh mnt tips dan saran untuk kerjasama dengan tour guide?
    saya ingin mengembangkan bisnis travel saya ke penjualan paket tour indonesia. mohon bantuan jika ada saran atau ada tour guide indonesia yg mau kerjasama boleh email ke saya di seindoglobaltravel@gmail.com

    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  22. bagus tips dan saran ya, thanks ya..

    BalasHapus
  23. Salam kenal dari kami Wisesatravel di Surabaya!
    Terima kasih banyak pak Hari JT tipsnya sangat bermanfaat.

    Beberapa tips yang diulas sudah pernah kami jalankan
    1. Membuat Konten Berkualitas
    Alhamdulillah bisa menghasilkan, namun ada beberapa yang di copy paste :) ujungnya jadi mati gaya..gak ada ide-ide tulisan baru yang keluar

    2. Update Rutin
    Juga sudah dilakukan pak Hari, namun jujur akhir-akhir ini kedodoran, karena stok ide menguap :)

    3. Iklan Online
    Sudah pernah kami lakukan, namun hasilnya masih belum maksimal dan tentunya membuat anggaran promosi mengalami kenaikan

    4. Optimasi SEO
    karena tidak ada basic dalam dunia website, kami belajar otodidak dari berbaga macam sumber dan guru

    5. Promosi Rutin Di Medsos
    Kami sudah berupaya memberikan info dan Promo setiap saat di medsos yang kami miliki, namun masih belum bisa memberikan peningkatan yang signifikan dalam penjualan

    Apakah mungkin karena sudah terdapat Online Travel Agen Raksasa seperti Traveloka, Tiket.com, Nusatrip, dll yang tentunya dengan sumber daya yang sangat besar hadir ditengah-tengah kita sehinga segala media promosi yang kita lakukan sudah tidak membawa pengaruh yang besar terhadap sales kita.

    Mohon bantuan sharing dan suntikan semangatnya pak Hari JT

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama