Belum lengkap rasanya jika kita tidak mengunjungi pantai paling cantik di Belitung saat berlibur di negeri Laskar Pelangi. Seperti yang kita tahu, pesona pasir putih dan kejernihan air laut Belitung telah memukau banyak turis domestik maupun internasional.

Dengan keunggulan di sektor bahari, tidak heran kalau wisata Belitung menjadi salah satu tempat liburan favorit di Indonesia saat ini.

Namun, kalau Anda masih bingung untuk memilih, di bawah ini saya ulas sedikit 5 pantai paling cantik di Belitung yang patut dikunjungi dan rasanya harus masuk list destinasi tujuan Anda jika berencana traveling ke Belitung.

1. Pantai Tanjung Kelayang, Belitung

Pantai ini berlokasi sekitar 27 kilometer dari kota Tanjung Pandan, Belitung. Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu tempat liburan favorit para turis, baik dari dalam maupun luar negeri.

Hamparan pasir putih serta air lautnya yang jernih yang sanggup membuat para wisatawan betah untuk singgah. Anda juga akan mendapati bebatuan granit raksasa yang menciptakan satu formasi bak kepala burung.

Pantai Tanjung Kelayang pun dijadikan sebagai tempat beberapa acara maritim akbar berskala internasional.

Salah satunya adalah Sail Indonesia, di mana kita akan mendapati ratusan yacht dari banyak negara yang berlabuh di Pantai Tanjung Kelayang. Para pecinta kegiatan bahari tentunya tidak boleh melewatkan acara besar tersebut.

2. Pantai Burung Mandi

Namanya mungkin terdengar lucu, tetapi Pantai Burung Mandi menawarkan panorama yang tidak bisa Anda lupakan. Pantai ini berlokasi di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur.

Jarak tempuh dari Kota Manggar sekitar 20 kilomeer, sedangkan dari pusat kota Tanjung Pandan sekitar 90 kilometer. Pantai Burung Mandi pun terletak tak jauh dari Pantai Bukit Batu dan Vihara Dewi Kwan Im San.

Di atas hamparan pasir putih, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti piknik bersama keluarga atau sekadar berbaring untuk berjemur.

Nilai plus lain dari Pantai Mandi Burung adalah deretan pohon pinus yang biasanya jarang ditemukan di sekitar bibir pantai. Beberapa wisatawan memilih pohon pinus tersebut sebagai tempat untuk berteduh.

Jika Anda lapar, terdapat beberapa warung makan yang menyediakan santapan laut seperti ikan, cumi, atau udang yang disajikan dengan beragam cara memasak. Anda juga dapat menikmatinya di gazebo bersama teman atau saudara.

3. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai ini adalah pantai paling populer di kawasan Belitung. Sejak menjadi lokasi syutung film Laskar Pelangi, jumlah wisatawan yang berkunjung ke sini meningkat pesat.

Pantai Tanjung Tinggi terletak di Kecamatan Sijuk, Kecamatan Belitung, Bangka Belitung atau sekitar 30 kilometer dari kota Tanjung Pandan. Seperti yang kita lihat di film, Pantai Tanjung Tinggi menawarkan pemandangan indah berupa bentangan pasir putih dan laut jernih yang sulit ditolak pesonanya.

Bebatuan granit raksasa di pantai ini kerap dijadikan latar berfoto para wistawan. Anda juga dapat menikmati beberapa aktivitas seperti berenang, memancing, berjemur, menaiki jetski, atau berlayar dengan kano.

Bagi mereka yang ingin melihat pmandangan bawah laut, tersedia jasa snorkeling di Pantai Tanjung Tinggi. Anda juga bisa menginap di hotel atau resort yang tersedia di sekitar pantai.

4. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam terletak di pusat ibu kota Kabupaten Belitung, yakni Tanjung Pandan. Selama beberapa waktu, pemerintah setempat berusaha mempercantik pantai tersebut untuk menarik perhatian turis agar berkunjung ke sana.

Seperti pantai-pantai lain di Belitung, Pantai Tanjung Pendam juga menawarkan pasir putih hingga panorama matahari terbenam yang sayang jika dilewatkan.

Di pantai tersebut, sering diadakan acara-acara dengan tema tertentu. Sehingga, membuat Pantai Tanjung Pendam selalu ramai setiap harinya, terutama di akhir pekan dan masa liburan.

Di sini, Anda juga dapat melakukan aktivitas seperti berenang dan berjemur, atau sekadar bersantai dari hiruk-pikuk perkotaan.

5. Pantai Penyabong

Pantai ini beralamat di Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung atau sekitar 65 kilometer dari kota Tanjung Pandan.

Seperti pantai-pantai di kawasan Belitung, objek wisata Belitung, Pantai Penyabong pun memiliki pemandangan yang akan sulit Anda temukan di pantai-pantai lain di wilayah lain Indonesia.

Sehingga, sayang rasanya kalau kita melewatkan Pantai Penyabong saat berpelesir ke pantai ini.

Beberapa ciri khas dari Pantai Penyabong adalah deretan batu granit berukuran besar yang menjadi daya tarik untuk mengikat perhatian wisatawan. Selain itu, pasir pantainya yang putih serta lembut juga tidak bisa dilepaskan dari Pantai Penyabong.

Jernihnya air laut di sekitar pantai pun tidak disia-siakan oleh para turis untuk melakukan kegiatan di air. Antara lain seperti berenang, berlayar dengan perahu, atau snorkeling untuk melihat wisata bawah air.

Kemudian, Pantai Penyabong juga sangat cocok bagi mereka yang punya hobi fotografi. Anda akan terpesona dengan keindahan bentangan langit biru, hamparan pasir, hingga granit-granit raksasanya yang tidak akan ditemukan di pantai manapun.

Sebelum memutuskan untuk tour ke Belitung mengunjungi salah satu atau semua pantai di atas, ada baiknya Anda mempersiapkan dahulu biaya serta perlengkapan untuk liburan di Belitung.

Dengan meningkatnya jumlah wisatawan ke kawasan lepas pantai timur Sumatra tersebut, Anda tentunya harus bergerak cepat dalam mencari tiket pesawat.

Maklum jumlah penerbangan ke Belitung masih cukup terbatas. Pada musim liburan harga tiket bisa melonjak tajam.

Jangan lupa mencari hotel atau tempat penginapan yang tepat dan sesuai dengan budget kalau Anda mau menghabiskan masa liburan yang cukup panjang. Setelah urusan administrasi selesai, siapkan perbekalan secukupnya.

Jangan sampai Anda jadi repot akibat banyak bawa barang setibanya di Pulau Belitung. Agar tidak repot dan ribet menyiapkan berbagai kebutuhan selama Anda liburan atau berkunjung ke Belitung, saya rekomendasikan untuk menggunakan layanan paket tour Belitung saja.

Banyak penawaran layanan promo paket wisata Belitung dari travel agent atau biro perjalanan wisata lokal di Belitung. Atau pesan saja layanan sewa rental mobil di Bangka Belitung, jika sebelumnya anda sudah pernah mengunjungi daerah ini.

Semoga informasi seputar 5 pantai paling cantik di Belitung ini membantu Anda sebelum berlibur ke Belitung!.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama