Sejumlah orang (anak-anak muda khususnya) telah menjadikan Travel blogger sebagai profesi. Sebagian sudah jadi selebriti. Sebagian lagi masih berusaha membangun reputasi dan portofolio.

Ada yang sudah menulis dan menerbitkan buku. Ada pula yang jadi kontributor untuk berbagai media cetak, elektronik, majalah, hingga tv. Mereka sangat penting bagi pariwisata Indonesia. Dan, ini sudah tak terbantahkan.

Saya belum tahu persis berapa banyak jumlah real travel blogger Indonesia. Anda bisa menemukan mereka di berbagai komunitas travel blogger yang tersebar dijagad maya. Saya tidak ingin menyebutkannya satu-persatu. Googling saja. Yang pasti, saya belum  termasuk salah satu diantaranya.

Sejak industri pariwisata Indonesia naik daun, jumlah mereka bertambah signifikan. Saya sendiri tidak kenal terlalu banyak. Apalagi yang pernah traveling bareng. Ini sih hanya segerintil.

Itulah sebabnya kenapa saya hanya menampilkan 9 orang saja di posting ini. Sebagian besar dari travel blogger dalam daftar dibawah ini sudah cukup populer. Mungkin sebagian dari Anda juga sudah kenal mereka.

Sekali lagi, nama-nama travel blogger di bawah ini saya favoritkan karena kebetulan kenal secara personal dan pernah ngtrip bareng.

Selain itu, yah memang mereka sangat menyenangkan kok. Urutan dibawah ini bukan peringkat apapun. 

Berikut 9 Travel Blogger Seru dan Asik Untuk diajak Traveling Bareng versih Mitramediapro.com

Arie Aka Goiq - Twitter : @AriePitax - Blog : www.goiq.blogspot.co.id - Asal : Jakarta

"Tidak seperti alamat travel blog nya yang nampak serius, mas Arie ternyata sangat seru kalau lagi ngtrip bareng. Apalagi kalau sudah ketemu dengan Dunia Indra. Sepanjang perjalanan, nyanyian dan teriakan mereka membuat lelah dan ngantuk bahkan takut untuk mendekat. Portofolio dan goresan tangannya bisa dilihat sendiri di blog-nya."

Yopie Pangkey - Twitter : @yopiefranz - Blog : www.yopiefranz.com - Asal : Lampung

"Mas Yopie ini fotographer kawakan yang kenyang pengalaman. Dedikasinya untuk pariwisata Lampung patut diacungi jempol. Meski asik untuk teman traveling, travel blogger yang satu ini ternyata ciut kalau diajak nyanyi. Selain blogging Mas Yo ini mengelola akun twitter hits di lampung dengan akun @KelilingLampung. Hasil jepretan-nya di Belitung banyak saya gunakan untuk promosi."

Katerina. S - Twitter : @Travelerien - Blogger : www.travelerien.com - Asal : Jakarta

"Ntah bagaimana ceritanya awal perkenalannya. Tapi dari travel blogger hits inilah saya akhirnya bisa kenal dengan banyak travel blogger top di Indonesia. Selain asik traveling bareng, Kak Rien ini juga asik untuk kerjasama. Portofolio-nya juga mentereng. Tulisa-tulisannya mengalir dan enak dibaca."

Dian Radiata - Twitter : @Dieend18 - Blog : www.adventurose.com - Asal : Batam

"Mbak dian, begitu orang-orang memanggilnya. Sudah ngeblog sejak lama. Portofolionya juga ciamik. Asik untuk kerjasama. Kalau traveling bareng travel blogger Batam yang satu ini, jangan lupa ajak karaoke. Ajak teriak-teriak. Suaranya Rocker banget. Kalau suka ngopi, Mbak Dian ini teman yang cocok jadi teman traveling Anda."

Lina W. Sasmita - Twitter : @LinaWiati - Blog : www.linasasmita.com - Asal : Batam

"Beberapa waktu lalu, Teh Lina ini sempat berencana traveling bareng ke Belitung. Tapi, Batal. Setelah ketemu di Lampung, ternyata orang-nya asik. Sering terlihat 'serius', tapi selaras dengan karya-karyanya. Ia sudah blogging sejak lama dengan portofolio yang juga cukup mengkilap."

Indra pradya - Twitter: @duniaindra - Blog: www.duniaindra.com - Asal : Lampung

"Travel blogger Lampung ini sungguh sangat kontras dengan jika dibandingkan dengan citra  blog dan photo profile akun-akun sosmed-nya. Sangat asik dan seru kalau traveling bareng MC dan ayah dari 3 orang anak ini. Dunia terasa lebih ceria bersama dunia Indra."

Haryadi Yansyah - Twitter : @Omnduut - Blog : www.omnduut.com - Asal : Palembang

"Duh, ini travel blogger kondang. Prestasi dan portofolionya mentereng. Tulisan-tulisan-nya renyah. Kadang cenderung pendiam. Tapi asik dan selalu santai. Tidak seperti nama akun sosmed-nya, travel blogger Palembang ini sebetulnya tidak gendud-gendud amat loh."

Muhammad Rahman Arif - Twitter : @mamanisss - Blog : www.jurnalmaman.blogspot.co.id - Asal : Palembang

"Bagi traveller yang suka hal-hal berbau Korea, maman cocok travelling bareng kalian. Usianya masih cukup muda. Selain kreatif, Maman bisa jadi teman seperjalanan yang seru dan kocak."

Rosanna Simanjuntak - Twitter : @rosannaiqbal - Blog : www.rosannasimanjuntak.com - Asal : Kalimantan Timur

“Sejak pertama kali bersua, Mbak Ross ini sangat menyenangkan. Tidak beda jauh dengan gaya tulisan-tulisannya, orangnya memang seru dan asik. Perjalanan jadi semakin berwarna kalau traveling bareng travel blogger Kalimantan ini.”

Atanasia Rian - Twitter : @atanasia_rian - Blog : www.kulinerwisata.com - Asal : Jogjakarta

“Meski pernah cukup lama dijogja tapi tak banyak cerita tentang Jogja yang bisa saya tulis. Nah, travel blogger Jogja ini punya banyak cerita tentang wisata dan kuliner Jogja. Blognya terlihat serius, tapi sebetulnya yang mepunya blog sama sekali tidak. Bahkan jarang sekali serius. Sangat gokil dan seru saat traveling bareng.”

Bagi yang mau kenalan lebih lanjut dengan travel blogger diatas silahkan follow akun twitternya atau kunjungi blog mereka masing-masing. 

Bberapa waktu silam saya beruntung dan bangga bisa traveling bareng bersama mereka untuk menikmati Lampung Kratau Festival 2016. 

Cerita mengenai perjalanan kami di Lampung Kratau Festival 2016 sebagian sudah publish dan bisa dibaca di blog mereka. Saya akan posting ceritanya di lain kesempatan.

Oh ya, selain asik dan seru traveling bareng mereka, travel blogger di atas bisa diajak kerjasama. Khususnya bagi Anda pelaku bisnis  pariwisata. Saya sendiri pernah kerjasama dengan beberapa orang dari mereka. Hasilnya, sungguh mengembirakan.

Notes : Selain 9 travel blogger yang ada di atas, masih banyak sekali travel blogger ngetop lainnya yang saya kenal.

Tapi berhubung sebagian besar dari mereka tidak kenal saya (hihihi...), belum pernah traveling bareng, belum pernah kerjasama bareng, jadi agak sulit bagi saya membuat review tentang mereka di sini. Mudah-mudahan di kesempatan lain.

16 Komentar

  1. ahhh roomate.. btw Hari JT siapa yah ?

    BalasHapus
  2. Mas Hariiii... aku terharu dan tersanjung baca tulisan ini.. aku juga seneng banget bisa kenal dan jalan bareng mas Hari, yang baru keliatan sifat aslinya di Lampung. Waktu di Belitung jaim ya mas? Hahaha....
    Ngopi yuk!

    BalasHapus
  3. Huahaha mantaaap, terharuuu. TBC bisa nampang di blog kece ini. Iya memang, aku nggak gendud gendud amat mas, bahkan banyak yang bilang mirip Hamish Daud. Sekian *efek ga bisa foto bareng belio huhu

    BalasHapus
  4. Ada namaku di sana. Aaaah terharu dan bahagia. Semoga suatu waktu bisa ke Belitung sekalian menghadiri resepsi pernikahan Mas Hari. Modus :D

    BalasHapus
  5. Hahaa,,, iya om mirip banyak kok sama Hamish Daud

    BalasHapus
  6. Insya Allah mas :)
    Tapi btw... travel blogger yang ditulis di sini jumlahnya 10 loh :D

    BalasHapus
  7. Anu Mas, ralat dikit, aku dari Balikpapan, Kalimantan Timur.
    Aku juga gak nolak kog diajak bekerja sama dengan Mas Hari JT, si Juragan Travel.
    Ditunggu di Derawan yaaa ;)

    BalasHapus
  8. Saya terkejut bos travel bikin postingan ini :D

    Apa yang Hari tulis, sama seperti yang ada dalam benak saya. Semuanya memang asyik buat diajak traveling bareng.
    Dan dari perjalanan kemarin, saya jadi tahu aslinya Hari itu seperti apa. Ternyata lucu dan menggemaskan *halah :p

    BalasHapus
  9. Siapa sih Hari JT ??? Pake bahas nama gW pulak!!?? Wkwkwkkwkwkwkwkkwkkwwkkwk btw thanks Review nya.... Keceee.... Dan sesungguhnya saya lebih Ancur dari pencitraan SORGAWI yang saya bangun heheehhe

    BalasHapus
  10. Waduh sebuah kehormatan nih, salah satu seleb dr jagat travel blogger Indonesia berkunjung kemari. Oh Dedy mah cocoknya nongol di media2 besar...masak diblog ini

    BalasHapus
  11. Senang bisa kenal dan jalan bareng kawan-kawan semua.
    Seru banget.

    BalasHapus
  12. huahahahahaha aku terharuuu *peyyyuuukkk*.. ayo joget korea.. hahahha :D aku mau ke Babel.... hahahahaha

    BalasHapus
  13. Ayoo man, kapan aja siap. Berangkat..

    BalasHapus
  14. wah keren keren btw blogger asal palembang gak ada ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama