menu diet

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai berat badan ideal selama berpuasa? Dalam hal ini pun, masih banyak orang yang ingin berat badan turun saat puasa, namun tidak diimbangi dengan pola makan yang benar dan tepat.

Untuk itu, Anda harus bisa membuat daftar menu untuk menurunkan berat badan saat puasa yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Menu Turunkan Berat Badan saat Puasa


Sahur merupakan waktu yang sangatlah penting dan seharusnya tidak Anda lewatkan. Ketika makan sahur, Anda harus bisa mengisi energi sebelum melaksanakan ibadah puasa sepanjang hari.

Sahur inilah yang nantinya juga akan membantu Anda untuk mengontrol nafsu makan ketika berbuka puasa.

Ketika sahur, maka pilihlah jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak baik dan juga vitamin.

Agar Anda pun bisa tetap berenergi saat puasa meski lagi diet, cobalah untuk mencukupi kebutuhan kalori hingga 500-600 kkal per hari.

Sementara itu, godaan ketika menjelang buka puasa sangatlah banyak. Anda akan menemukan banyak pilihan makanan yang membuat Anda menjadi lapar mata dan ingin melahap semuanya.

Namun, hal ini harus ditahan jika Anda ingin mempunyai tubuh yang ideal, dan Anda juga harus tetap memperhatikan menu untuk menurunkan berat badan saat puasa.

Jangan sampai Anda kalap dan kebablasan karena kalap inilah yang akan membuat berat badan akan meningkat.

Untuk bisa mengembalikan energi yang terkuras saat puasa, Anda membutuhkan maksimal 700 kkal.

Salah satu cara untuk bisa menyiasati agar porsi makan Anda tidak berlebihan, yakni dengan menggunakan piring yang lebih kecil.

Buat kamu yang bingung atau tidak punya waktu untuk mengatur menu diet sehat, kamu bisa langganan catering diet sehat WellFood.

7 Menu Untuk Menurunkan Berat Badan saat Puasa

Kita sudah tahu, berapa kebutuhan kalori maksimal yang diperlukan tubuh. Setelah itu, maka dibawah ini beberapa menu untuk menurunkan berat badan saat puasa yang bisa Anda coba dibulan Ramadhan.

1. Teh dan Kurma

Teh dan Kurma adalah salah satu minuman dan makanan utama yang sangat cocok menemani berbuka puasa.

Mengkonsumsi minuman teh manis dan makan tiga buah kurma akan segera mengembalikan energi di dalam tubuh yang hilang selama berpuasa seharian.

Kurma pun disebut mengandung nutrisi yang cocok untuk program diet seperti potasium, magnesium, zat besi, vitamin B6, hingga fiber yang berguna untuk melancarkan pencernaan, mengenyangkan, serta mempunyai berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangatlah cocok dijadikan menu makanan untuk berbuka puasa. Didalam sayuran hijau mengandung karbohidrat, vitamin, antioksidan, mineral, dan rendah kalori.

Berbagai macam jenis sayuran dapat dikonsumsi dengan cara ditumis, disayur atau dijadikan salad. Sayur-mayur yang direkomendasikan yaitu kangkung, bayam, sawi, lobak dan lainnya.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang akan segera membantu Anda mengurangi peradangan dan mencegah obesitas.

Salmon juga mempunyai protein dengan kualitas tinggi dan juga berbagai nutrisi penting lainnya. Semua yang ada didalam ikan salmon akan membantu menjaga metabolisme tubuh berjalan optimal saat melakukan ibadah puasa.

4. Dada Ayam

Dada ayam dan juga daging merah mengandung zat besi serta protein tinggi yang juga mengandung sedikit lemak jenuh.

Dada ayam sangat baik dan makanan ini pun direkomendasikan untuk dikonsumsi selama menjalani program diet sehat di bulan suci Ramadhan.

5. Kentang

Kentang merupakan makanan karbohidrat yang juga mengandung kalium, vitamin B1, B9, B6 dan juga vitamin C.

Kentang disebut sangat cocok untuk dijadikan santapan sahur dan berbuka bagi Anda yang melakukan program diet atau menurunkan berat badan di bulan puasa.

Anda juga bisa mengkonsumsi kentang dengan cara dikukus atau direbus. Kentang memiliki nutrisi yang seimbang serta rendah kalori sehingga kentang menjadi sangat cocok sebagai menu untuk menurunkan berat badan saat puasa secara optimal.

6. Telur

Dalam sebutir telur mengandung protein, vitamin D, kolin, vitamin B12, vitamin B2, vitamin A, vitamin B5, selenium, kalsium, zat besi, potasium, folat, vitamin E, dan zinc.

Telur sangat cocok dijadikan makanan berbuka puasa atau menu sahur. Anda pun dapat dengan mudah mengolah telur dengan direbus, digoreng dengan sedikit minyak, ataupun dimasak sesuai selera.

7. Alpukat

Buah Alpukat ini mengandung lemak, mineral, kalium, dan serat yang sangat baik dikonsumsi kerika melakukan program makanan diet.

Kandungan lemak yang ada di dalam alpukat mampu menjaga nafsu makan agar tidak mudah lapar serta tubuh juga akan menjadi sehat dan lebih bugar selama menjalani ibadah puasa seharian.

Demikian 7 menu untuk menurunkan berat badan saat puasa agar berat badan Anda pun bisa tetap terjaga.

Usahakanlah jika Anda rutin mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang namun tetap rendah kalori agar tubuh tidak terasa lemas dan lesu ketika sedang menjalankan ibadah puasa seharian.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama