Tips sehat saat mudik lebaran. (freepik.com/@TravelScape)

Lebaran adalah salah satu momen penting bagi masyarakat Indonesia. Momen tersebut selalu ditunggu-tunggu oleh semua orang untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat terdekat. Saat Lebaran tiba, banyak orang yang memutuskan untuk pulang kampung atau mudik.

Mudik menjadi tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari perayaan Lebaran. Namun, perlu diingat bahwa mudik juga dapat memicu risiko penyebaran penyakit, termasuk COVID-19. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga kesehatan saat mudik Lebaran.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti.

Lakukan pemeriksaan kesehatan

Sebelum memutuskan untuk mudik, lakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Pastikan kondisi kesehatanmu dalam keadaan baik dan tidak ada gejala-gejala yang mencurigakan.

Hal ini untuk mencegah penyebaran penyakit apabila ternyata kamu sedang dalam kondisi sakit.

Periksa syarat dan ketentuan yang berlaku

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kamu memahami syarat dan ketentuan yang berlaku. Peraturan tersebut bisa berbeda-beda setiap daerah, jadi pastikan kamu mencari tahu sebelum melakukan perjalanan. 

Misalnya, ada daerah yang mewajibkan sertifikat vaksin atau hasil negatif tes COVID-19 untuk masuk ke wilayah tersebut.

Pakai masker dan jaga jarak

Saat melakukan perjalanan, pastikan kamu selalu memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain. Hal ini untuk mencegah penyebaran penyakit, termasuk COVID-19. Terutama bagi kamu yang belum mendapatkan vaksin lengkap.

Selain itu, hindari berbicara secara berdekatan dengan orang lain, terutama orang yang sedang batuk atau pilek.

Bawa perlengkapan pribadi

Saat melakukan perjalanan, bawa perlengkapan pribadi seperti hand sanitizer dan tisu basah. Gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tanganmu secara berkala dan tisu basah untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh, seperti pegangan pintu.

Minum air yang cukup

Saat melakukan perjalanan jangan lupa untuk minum air yang cukup. Kondisi tubuh yang dehidrasi dapat memicu masalah kesehatan lainnya, seperti sakit kepala, pusing, dan lelah.

Selain itu, air yang cukup juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Hindari makanan yang meragukan

Saat mudik, pastikan kamu tidak mengonsumsi makanan yang meragukan. Hindari makanan yang sudah kadaluarsa atau tidak terlihat segar.

Hal ini untuk mencegah risiko keracunan makanan dan masalah kesehatan lainnya.

Beristirahat yang cukup

Saat melakukan perjalanan jauh jangan lupa untuk beristirahat yang cukup. Jika melakukan perjalanan jauh, pastikan kamu beristirahat setiap beberapa jam sekali.

Jangan berkendara ketika kondisi tubuh sudah lelah terlebih saat sudah mengantuk berat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama