Memilih manajer investasi yang tepat sebelum memutuskan berinvestasi di instrumen reksadana merupakan hal yang krusial. Manajer investasi (MI) adalah pihak yang bertanggung jawab penuh untuk mengelola dana investor dan membeli instrumen investasi untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal dengan memperhitungkan risiko yang terkait.


Oleh karena itu, pemilihan manajer investasi yang tepat dapat mempengaruhi kinerja portofolio reksadana dan nilai investasi secara keseluruhan.

Baca juga : 5 Pilihan Investasi Terbaik Untuk Masa Depan.

Berikut kami rangkum, top manager investasi / MI dengan dana kelolaan jombo di Indonesia. Urutan dan penyebutan merk tidak mencerminkan rekomendasikan apapun.

Berikut adalah top 10 manajer investasi terbesar di Indonesia.

PT. Schroder Investment Management Indonesia

PT. Schroder Investment Management Indonesia adalah salah satu manajer investasi terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memiliki aset yang dikelola sebesar Rp 184,7 triliun pada akhir tahun 2020.

PT. Schroder Investment Management Indonesia merupakan bagian dari Schroders Group, yang merupakan perusahaan investasi asal Inggris.

PT. Mandiri Manajemen Investasi

PT. Mandiri Manajemen Investasi merupakan anak perusahaan dari Bank Mandiri. Perusahaan ini memiliki aset yang dikelola sebesar Rp 151,3 triliun pada akhir tahun 2020.

PT. Mandiri Manajemen Investasi menawarkan berbagai produk investasi seperti reksa dana, dana pensiun, dan asuransi.

PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia

PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia adalah salah satu manajer investasi terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memiliki aset yang dikelola sebesar Rp 135,1 triliun pada akhir tahun 2020.

PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation, yang merupakan perusahaan asuransi dan investasi terbesar di Kanada.

PT. BNP Paribas Asset Management Indonesia

PT. BNP Paribas Asset Management Indonesia adalah bagian dari BNP Paribas Group, yang merupakan salah satu bank terbesar di dunia. Perusahaan ini memiliki aset yang dikelola sebesar Rp 123,7 triliun pada akhir tahun 2020. PT. BNP Paribas Asset Management Indonesia menawarkan berbagai produk investasi seperti reksa dana, obligasi, dan saham.

PT. Danareksa Investment Management

PT. Danareksa Investment Management merupakan anak perusahaan dari PT. Danareksa, yang merupakan salah satu perusahaan sekuritas terbesar di Indonesia.

Perusahaan ini memiliki aset yang dikelola sebesar Rp 96,5 triliun pada akhir tahun 2020. PT. Danareksa Investment Management menawarkan berbagai produk investasi seperti reksa dana, dana pensiun, dan asuransi.

PT. Batavia Prosperindo Aset Manajemen

PT. Batavia Prosperindo Aset Manajemen adalah salah satu manajer investasi terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memiliki aset yang dikelola sebesar Rp 90,1 triliun pada akhir tahun 2020.

PT. Batavia Prosperindo Aset Manajemen menawarkan berbagai produk investasi seperti reksa dana dan dana pensiun.

PT. Eastspring Investments Indonesia

PT. Eastspring Investments Indonesia adalah bagian dari Prudential Corporation Asia, yang merupakan perusahaan asuransi dan investasi terbesar di Asia.

Perusahaan ini memiliki aset yang dikelola sebesar Rp 80,6 triliun pada akhir tahun 2020. PT. Eastspring Investments Indonesia menawarkan berbagai produk investasi seperti reksa dana, dana pensiun, dan asuransi.

PT. Schroder Dana Prestasi Plus

PT. Schroder Dana Prestasi Plus adalah salah satu manajer investasi terbesar di Indonesia yang fokus pada investasi saham. Perusahaan ini memiliki aset yang dikelola sebesar Rp 73,6 triliun pada akhir tahun 2020. Schroder Dana Prestasi Plus menawarkan berbagai produk investasi saham seperti reksa dana saham dan mandiri investa saham.

PT. Ashmore Asset Management Indonesia

PT. Ashmore Asset Management Indonesia adalah bagian dari Ashmore Group, yang merupakan salah satu perusahaan investasi terbesar di dunia yang fokus pada pasar emerging markets.

Perusahaan ini memiliki aset yang dikelola sebesar Rp 67,5 triliun pada akhir tahun 2020. PT. Ashmore Asset Management Indonesia menawarkan berbagai produk investasi seperti reksa dana dan obligasi.

PT. Panin Asset Management

PT. Panin Asset Management merupakan anak perusahaan dari PT. Panin Bank, yang merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia.

Perusahaan ini memiliki aset yang dikelola sebesar Rp 60,8 triliun pada akhir tahun 2020. PT. Panin Asset Management menawarkan berbagai produk investasi seperti reksa dana, dana pensiun, dan asuransi.

Kesimpulan


Semua meneger investasi terbesar di Indonesia dalam rangkuman di atas memiliki kinerja yang cukup baik dan telah dipercaya oleh banyak investor di Indonesia dalam mengelola investasi mereka.

Namun, sebelum memilih manajer investasi, ada baiknya untuk melakukan riset dan memilih manajer investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi Anda. Selalu ingat bahwa investasi memiliki risiko dan pastikan untuk memahami risiko tersebut sebelum membuat keputusan investasi.

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Reksadana merupakan wadah yang dipakai oleh sekelompok investor individu hingga corporate / institusi untuk menghimpun dana yang kemudian dikelola oleh manajer investasi.

Manajer investasi kemudian menggunakan dana tersebut untuk membeli berbagai jenis instrumen investasi seperti saham, obligasi, dan pasar uang.

Baca juga : Pengalaman pribadi Investasi Reksadana.

Keuntungan dari investasi reksadana adalah mudahnya akses untuk berinvestasi, karena minimal investasi yang diperlukan relatif terjangkau. Selain itu, investor juga dapat memilih produk investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi mereka.

Namun, seperti halnya investasi lainnya, reksadana juga memiliki risiko. Pergerakan harga instrumen investasi yang dibeli oleh manajer investasi akan mempengaruhi nilai investasi.

Oleh karena itu, investor harus memperhatikan risiko yang terkait dengan instrumen investasi yang dibeli oleh manajer investasi, serta memahami risiko yang terkait dengan pasar secara umum. dan sekali lagi, memilih manager investasi yang tepat juga merupakan hal penting sebelum memutuskan untuk menempatkan dana / duit Anda.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama